Tuesday 12 August 2014

Pengalaman di Kampung Inggris: Mr.Bob English Club


Selamat pagi dari Ibu Kota Negara Indonesia :D

Udah Agustus ajaaa..perasaan baru 28 Februari 2014 kemari resmi jadi sarjana hukum, pulang ke Jakarta Akhir Maret 2014 dan tanggal 8 April 2014 langsung ke kampung inggris untuk belajar bahasa inggris selama hampir tiga bulan. Sekarang ngapain? Masih Jobseeker sambil nunggu wisuda 23 Agustus nanti (padahal harusnya bulan maret udah wisuda, gara-gara kasus di kampus ni! *sedih dikit*)

Kali ini mau ngereview lanjutan tentang Mr.Bob English Club, salah satu kursusan terbaik di Kampung Inggris, Pare, Kediri, Jawa Timur yang punya spesialisasi ningkatin Pede.

Kaya posting-posting ku yang sebelumnya, aku bilang inggris ku ini basic banget

bahkan aku gak bener bener paham gimana cara pake tensis
aku gak ngerti kapan kita harus pake “to be” kapan nggak
dan jadi gak punya PD yang cukup untuk ngomong.

Banyak orang yang tanya ke aku kenapa aku gak belajar bahasa inggris sama kakak dan papa ku yang emang udah jago dan biasa ngomong inggris, jawabannya satu: Gak Pede. Paham sih dikit-dikit sama pembicaraan mereka, tapi rasanya berat banget buat ngomong, takut salah, takut diketawain dan takut dipotong karena salah.

Beberapa minggu abis sidang skripsi aku langsung balik ke Jakarta, setelah beberapa kali diskusi aku bertekat untuk belajar bahasa Inggris di Pare, Kediri Jawa Timur atau dikenal dengan kampung Inggris, aku percaya bahasa itu tentang habit, jadilah karena belum ada kesempatan ke Inggris langsung, aku mau membiasakan ngomong bahasa inggris di kampung inggris dulu hehehe. Aku pake waktu yang sedikit di Jakarta itu untuk browsing gila-gilaan cari kursusan yang cocok untuk ku. Yang aku percaya, bagus itu belum berarti cocok, semua tergantung goal dan kebutuhan kita masing-masing.  Metode nyari kursusan yang aku pake simple: cari aja yang paling banyak direview orang di blog mereka! Kenapa?  Jawabannya simpe: aku terkadang ngeblog, ngeblog itu butuh waktu dan mood yang baik, kalau aku menulis suatu pengalaman di blog ku, dapat dipastikan itu pengalaman yang sangat berkesan.
Salah satu kursusan yang banyak reviewnya adalah Mr.Bob English Club, hampir semuanya bilang disana sangat menyenangkan (bahkan kalo yang aku baca semuanya nyenengin). Gak Cuma Mr.Bob, ada beberapa kursusan lain yang katanya bagus dan menyenangkan, tapi karena goal ku bukan disana, jadilah aku pilih yang sesuai goal ku: Ningkatin Pede! Rata-rata kursusan di pare periode baru setiap tanggal 10 dan 25, termasuk Mr.Bob ini. Aku jalan dari Jakarta tanggal 8 April untuk ikut periode 10 April.


Kenapa sih Mr.Bob bisa meng-klaim dirinya sebagai kursusan yang ningkatin pede? Akupun awalnya mikir “ini jangan jangan asal klaim atau gimana gitu” tapi pas aku liat reviewnya, hampir gak ada review negative tentang Mr.Bob..dan ternyata pas aku join disana aku sendiri paham bahwa metode yang dipake itu emang ‘men-stimulate’ kita untuk ngomong banget. Jujur aku pernah jadi bagian dari Mr.Bob English Club sebagai  member dan sebagai  tutor camp (salah satu sisi positif yang aku dapet karena wisuda ku ditunda hehe) tapi apa yang aku tulis ini insya Allah pandangan Objektif ku terhadap kursusan itu, kalopun ada pandangan subjektif insya Allah base-nya tetep pengalaman pribadi yang aku rasain ;)

Kalau temen-temen ikut Camp nya Mr.Bob, tiap pagi senin-jumat kalian udah ‘dipaksa’ untuk bangun tidur, dipaksa ngomong bahasa inggris, cerita-cerita semua hal in English, pokoknya yang pendiem pun dipaksa untuk ngomong. Mungkin awal-awal rasanya masih berat dan kaku, tapi percaya atau gak, gak lebih dari 3 hari kita udah mulai ngerasa PD.  Soal metode detailnya gimana, bisa join langsung kesana ajaaaa, soalnya gak enak kalo ngebuka rahasia dapur-nya Mr.Bob English Club, tapi intinya aku pernah baca salah satu buku tentang psikologi gitu, intinya buku itu ngajarin gimana caranya ngebuat seseorang ‘tertarik’ dengan materi yang akan kita sampaikan. Nah, aku ngerasa para tutor Mr.Bob bener-bener nguasain itu :D ntah tutor kelas ataupun tutor camp, salute lah! Sesuatu yang gabisa aku dapetin di kota besar waktu aku belajar bahasa inggris..rasanya kaya kami lagi main-main, tapi tanpa kami sadari kami ngalamin improve. Mungkin awalnya gak ngerasa, itu baru kerasa begitu balik ke rumah masing-masing atau pas lagi ngeliatin diary (tiap hari kita harus ngisi diary gitu) awalnya diary ku acak kadul banget, banyak koreksian dari tutor camp ku, sampe akhirnya aku mulai terbiasa menulis bahasa inggris (walaupun masih harus tetep belajar, gak ada kata puas untuk belajar XD) aku yang awalnya sebel banget sama grammar, sekarang aku jadi suka grammar loh. Kenapa? Nanti beberapa paragraph kedepan aku bahas

Selain metode, suasana belajar di Mr.Bob juga asik, kekeluargaan banget. Gimana member, tutor, officer, owner serasa deket, paling gak itu yang aku rasain. Mereka bisa menempatkan diri gimana mereka harus bersikap. Sampe sekarangpun aku masih deket sama tutor ku waktu aku jadi member, dan sampe sekarangpun aku masih deket sama member-member ku waktu aku jadi tutor camp :D kebiasaan kita foto-foto dan exam kita yang seru ngebuat semuanya kerasa nyaman. Salah satu motto MBEC (Mr.Bob English Club) yang aku inget tuh ini: Kita, tutor tuh gak sempurna, kita juga gak bisa ngebuat kalian jadi sempurna, kita cuma mau kalian ngerasa English itu menyenangkan, kalian bisa kembangin sendiri apa yang udah kita kasih dan itu semua ada ditangan kalian, mau sekedar bisa, atau jadi super lancer, itu ada di diri kalian masing-masing. Agak lupa kalimat aslinya, tapi intinya begitu.

Awal aku menyukai grammar karena aku join di kelas 3GP2 (Grammar) nya mami Eni, metode yang dipake mami eni enak banget, jelas, langsung ke contoh, seru dan yang pasti seru. Mami Eni gapernah maksa kita ngapalin rumus, semua langsung ke contoh, bahasa yang dipake bahasa sehari-hari banget, gak terlalu bahasa grammar, jadinya gampang dicerna otak (ku) hehe, alesan kedua juga karna join kelas  Go Go Talk (Grammar for Speaking)-nya Mr.Abroad. Kelas ini juga asik banget, pokoknya semua langsung praktekin. Baru dikasih teori langsung praktek, teori praktek, teori praktek, begitu terus sampe akhirnya kita terbiasa ngomong dengan grammar yang tepat.

Aku mulai ngerasa pede pas beberapa hari aku join di kelas Speak Up 1-nya Miss El, miss El ini orangnya cantik banget, lucu, suaranya super cempreng dan bisa ngebawa suasana kelas jadi seru. Disitu juga praktek terus, tapi miss El lebih ngasih ke Pede, sesekali dikasih Vocab yang kita gak tau atau cara gampang pake grammar, tapi tetep fokusnya ngomong! Mau salah grammar atau minim vocab yang penting ngomong dulu, yang paling aku inget dari kelas Speak Up 1 itu: bahasa itu tentang “Lo ngerti. Gue ngerti. Yaudah” itu bener-bener ngena banget. Karena emang PD itu basic banget untuk sebuah komunikasi. Nanti soal grammar, pronoun dll bisa dipelajarin sambil jalan ketika kita udah dapet PDnya. Kalo aku pribadi ngerasa PD udah dari 1 minggu pertemuan kelas speak up 1, tapi kalo ngerasa udah dapet di feel grammar dan sebagainya itu pas udah kurang lebih 2 minggu-1 bulan. Semua itu gak terlepas dari English Area-nya Mr.Bob Camp :D 1,5 jam dikelas rasanya gak cukup untuk praktek ngembangin inggris kita, kita perlu banget join di Camp nya Mr.Bob. Mr.Bob punya banyak camp dan peminatnya pun makin banyak seiring dengan berjalannya waktu hehehe. 
Kalo kita gabung di Mr.Bob Camp banyak banget keunggulannya, kita bisa dapet Morning Class, Night Class, Confidence Show, Welcoming Party (awal mula kedeketan satu sama lain), Happy Saturday dan Farewell Party (gak setiap periode tapi). Semua program itu dirancang untuk ngebangun English kita, PD kita dan enjoynya kita disini. Buat yang mau jalan-jalan juga disini banyak tempat wisata loh, kaya bromo, sempu, kawah ijen, pantai prigi, semua itu bisa direquest. Tapi tentunya pake biaya pribadi hehe. Tapi untuk orang-orang luar jawa timur kaya aku pasti seneng, karena gak semahal kalo jalannya dari rumah masing-masing hehehe.

Banyak banget kelas-kelas yang seru, kaya speak Up 2 (hampir 100% praktek), Quicky Speak (praktek tapi lebih ke kehidupan sehari-hari, kaya pariwisata dll), Zip-zip (Listening for Speaking), Toefl Ceria (trik trik gampang ngadepin toefl), Prenoun (semacam tajwid nya orang inggris) oh ya pas join di kelas ini aku baru tau ada kamus namanya kamus oxford untuk ngebaca bahasa inggris hehehe, dan juga kelas clinic carrier, itu kelas untuk ningkatin PD dan kita dikasih trik untuk ngadepin job interview dan tentunya kelas tic-talk, ini kelas vocab tapi metodenya juga keren, kita gak disuru ngafalin, kita disuru untuk tetap speak dan ngedengerin cerita cerita absurd yang kocak dari para tutornya, karena ceritanya aneh aneh dan lucu, tiap vocab yang dikasih jadi gampang diinget. Seru banget laaaah. Oh iyaaaa, satu lagi kelewatan, MBEC club itu gak Cuma di pare aja, tapi ada di Yogya dan Lampung loh dan insya Allah akan makin mengembangkan kejayaannya (Aamiin ya Allah) dan yang bikin salute, dana yang masuk ke MBEC ini sebagian disisihkan oleh sang owner (Mr.Bob) untuk ngebantu sesama loh. Bener bener makin salut dan gak pernah nyesel jadi bagian dari MBEC (bukan post berbayar yaa, hehehe) kalo mau daftar silakan hubungin:

0857-8481-9391 / 0856-5568-1416 bisa SMS atau WA
Atau buka www.bobkayaraya.com oh iya , kalo mau daftar GA USAH pake calo, langsung aja ke nomor ituuuu, biar gak dapet tambahan harga..okey ;)


ini masih keluarga kecilnya Mr.Bob English Club looooh



13 comments:

  1. min mau tanya dong, kalau daftar online itu resmi/tidak ya?tapi disitu pilihannya bukan Mr.Bob aja ada banyak pilihan kursusan lain

    ReplyDelete
  2. hallo, terima kasih atas kunjungannya :D
    itu semacam pake bantuan orang ketiga untuk ngebantu gitu..kalo saran ku sih kalo mau gampang dan aman langsung aja daftar ke nomor: 0857-8481-9391 / 0856-5568-1416 nanti tinggal bilang aja mau 2 minggu atau 1 bulan, terus pake camp atau nggak..abis itu bakal dikasih tau petunjuk lebih lanjutnya..officernya baik kok ehehehe..info lebih lanjut bisa juga follow @mrbobpare via twitter :)

    ReplyDelete
  3. Hallo medina, jarang bannget ngeblog sekarang. Do u remember me? Ahadina :D hahahahaah, minta line atau pin bb mu dong >,< miss you. Aku udah di jakarta looooh

    ReplyDelete
  4. adin!!! ahahaha ingeeeet laaaah..MedinaWidyaBurhan line kuuuu..kapan deh sampe jakarta? :D gimana kabarnya..miss you too!! parah parah, hampir lose contact gituuu gara-gara HP ku ilaaaang :(

    ReplyDelete
  5. Pantesan dulu aku bbm cuma checklist aja. Baru banget kok, ini aja belum beli kartu Indo yang pas untuk tab. Udah sarjana ya meeeh? Kok di posting yang pas kamu sidang skripsi nggak ada Idham :p main ke rumah dong :D

    ReplyDelete
  6. iyaaah udah lama ilangnya..Alhamdulillah udah adiiiiin februari kemarin :D duhduhduh ahahaha, udah lama gak sama idham din :D

    ReplyDelete
  7. Tenang aja meh kamu perempuan baik banget banget banget cantik banget juga, pinter pula, pasti allah punya jalan terbaik buat kamu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ush ush ush..hahahaah jangan begitu diiin, gak ada apa-apanya dibanding kamu :D

      Delete
  8. salam kenal mb medina :)
    tulisannya bagus bnget ^^, oh iya saya juga berniat mau ke pare and ke mr bob, tapi masih bingung mau camp dimana, mb medina punya foto2 waktu ngecamp di mr bob ndak buat yg camp putrinya, byr bsa buat referensi, hehe :D

    ReplyDelete
  9. Saya tertarik dengan tulisan anda, saya juga punya tulisan yang sejenis untuk menambah kemampuan bahasa ingris, anda dapat mengunjungi di www.language.gunadarma.ac.id/ibt

    ReplyDelete
  10. min, mau tanya nih waktu itu ikut paket yang berapa hari, terus disitu ada batasan umur gak.. soalnya masih dibawa 17th nih

    ReplyDelete
  11. Miss mau tanya, kan miss td blg kelasnya cuman 1.5jam .. jadi belajarnya cuman 1.5jam perhari ??

    ReplyDelete
  12. Miss mau tanya, kan miss td blg kelasnya cuman 1.5jam .. jadi belajarnya cuman 1.5jam perhari ??

    ReplyDelete