Saturday 10 May 2014

BROMO TRIP with my new family

Selamat pagi dari pare

Mau share pengalaman di Bromo

Gunung Bromo berlokasi di Timur Pulau Jawa dan salah satu gunung yang masih aktif. Gunung bromo termasuk gunung yang diminati banyak wisatawan karena akses jalan yang udah bagus, pemandangan yang amazing dan yang bikin seru Bromo ini gak hanya menawarkan pemandangan puncak yang bagus, tapi juga tempat wisata lain kayak pasir berbisik, kawah gunung, sunset dan sunrise view, savanna land aka bukit teletubies dan sebagainya. Gunung bromo merupakan salah satu sumber penghasilan bagi warga sekitar, mulai dari yang jualan makanan, minuman, cendera mata, penyewaan mobil pick up atau jeep untuk ke tempat wisata, sampe yang unik penyewaan jaket, syal, dan sebagainya

Aku ke bromo sama keluarga baru ku, masih inget kan cerita ku dengan para member mr.bob yang aku post sebelum postingan ini? Hehehe iyaaaa, aku kesana sama mereka, tapi nggak semua, karena perjalanan ini adalah perjalanan yang gak wajib, biaya jalan-jalan pun ditanggung sendiri. Kami jalan dari kampung inggris sekitar jam 22.00, naik elf isi 16 orang, so member kami yang ikut ada 15 orang karena satu lagi supir. Yang ikut ada Aku (Medina Widya Burhan), Amel (Sheila Amelia), Kak Puspa (Puspa Ayu), Dinar (Dinar Putri Utami), Icha (Annisa Muharami Devi), Tiara (Mutiara Damayanti), Mr.Abe (Ahya Burhani), Aldo (Tarsisius Gaordo Dangoldon Memory Tampubolon), Mario (Andi Mario Pasuloi), Tifan (Thifan Anjar), Ari (Achmad Fahri Rijanto), Kak Raki (Hiraqi Al Muchtein), Kamal (Akhmad Kamal), Taufiq, Jabrik, Ikki (Rezky Ramadhan)

Setelah berdoa kami jalan..aku gak terlalu inget detail perjalanannya karena aku tidur, tau tau bangun udah di bromo aja, nah abis itu Mr.Abe selaku ketua rombongan langsung nyuru kita turun dan dia transaksi sama mobil-mobil yang untuk ngangkut kami ke tujuan wisata kami di bromo, tujuan pertama kami adalah sunrise view. Sambil menunggu transaksi kami pergi ke toilet dan mempersiapkan diri, ada yang beli syal, topi, sewa jaket, beli sarung tangan dll. Harganya variatif, kami udah diwanti wanti kalau harga paling mahal  Rp 20.000 untuk 3 item: topi, syal dan sarung tangan, tapi begitu sampe disana kita biasanya bakal bayar lebih, bukan karena kita nggak bisa nawar, tapi lebih ke muka pedagangnya agak sedih gitu, jadinya pada gak tega...jadilah beberapa temen ku beli agak mahal walaupun udah dikasih tau harga pasarannya. oh ya selain itu ada penyewaan jaket juga, banyak yang sewain jaket jaket disana, sekitar Rp 5.000 – Rp 15.000, harga itu sangat variatif bukan karena modelnya, bahan atau warnanya, tapi seberapa kuat kalian liat muka sedih pedagangnya : ( tapi serius loh, waktu aku ke tangkuban perahu ada pedagang juga tapi mukanya gak sesedih di bromo.

Sebelum memutuskan untuk menyewa jaket, PLEASE banget di cek jaketnya, terutama buat kalian yang mau jalan pagi buta kaya kamiiii. Kalo kalian beruntung, kalian bisa dapet jaket yang bagus ala-ala bule atau korea gitu, tapi kalo nggak kalian bisa dapet jaket yang banyak lobangnya atau robeknya kaya pengalaman temen ku, dia dapet jaket yang ada satu lobang gedenya, ak tau itu rusak apa sengaja dirobek oleh pemiliknya untuk menyimpan barang, yang pasti lobangnya gede banget. Tapi untuk menjaga nama baik dan martabatnya, aku samarin aja namanya jadi si X ya, nah pas pagi-pagi itu gada yang ngeh jaketnya si X rusak, tapi begitu matahari terbit semua menyadari bahwa ada robekan besar di jakenya si X dan jadilah di X dikenang dengan sebutan “Si Jaket”. Robekan itu muat untuk memasukan aqua botol 1 liter loh, bisa dibayangkan?

Tapi nasib yang menimpa Si X nggak dirasakan oleh tiara dan kak raki, mereka berdua cukup beruntung karena mendapatkan jaket yang bagus dan hangat. Nah gimana balikin jaketnya? Gausah takut, para pedagang udah tau kok yang mana jaket mereka, jadi begitu kami sampai ke kaki gunung bromo itu (yang banyak pick up dan jeep) mereka akan nyamperin kita kita, soal gimana mereka hafal biarlah mereka dan tuhan yang tau.

Balik lagi ke masalah mobil, ada dua jenis mobil, yang pertama jeep dan pick up, kalo jeep kapasitas angkutnya lebih kecil tapi lebih meyakinkan gitu kalo dibandingin sama pick up. Berhubung kami adalah  rombongan besar yang tidak ingin dipisahkan satu sama lain, akhirnya kami pilih pick up (padahal sih untuk menghemat budjet).  Iyaaap, akhirnya naiklah 14 orang tidak berdosa keatas mobil pick up, 2 orang lagi ada didepan sama supir. Sepanjang  perjalanan dari tempat pick up ke bromo view udara paginya dingin banget, kami gak terlalu bisa liat pemandangan karena masih gelap, tapi kami segaknya bisa ngeliat lampu-lampu kota dan mobil sepanjang perjalanan, kalo di jogja mirip kaya bukit bintang, kalo di puncak mirip sama puncak pass. Perjalanan dari penyewaan pickup sampe bromo view sekitar 30 menit, sejujurnya gak terlalu nyaman karena cukup menyiksa pantat dan punggung, tapi Alhamdulillah gak ada yang ngeluh keterlaluan, semua karena kami menjalaninya sambil foto-foto bercanda dan ngobrol-ngobrol satu sama lain, jadilah rasanya enjoy-enjoy aja, dinginnya bromo di pagi buta kalah dengan kehangatan kami *halah*

muka beler

Sesampainya disana kami turun di depan salah satu warung makan, ada yang pesen kopi, jahe, teh, pop mie, ada juga yang foto-foto. Sekitar jam 4 kami sampe dan leader kami menyarankan untuk shalat dulu, karena kami gakan sempet subuhan kalo udah diatas. Sekitar 04.20 kami naik ke bromo view, aku udah siapin mental, karena ku pikir ini adalah pendakian, tapi ternyataaaaa jengjengjenggg, kami hanya perlu mendaki beberapa anak tangga untuk sampai kesana dan dalem hati aku mikir, mungkin ini adalah salah satu alasan bromo banyak pengunjung terutama untuk orang yang suka pemandangan bagus tapi males mendaki seperti saya.

Ternyata pas disana tuh rameeeeee buangeeet karena kita kesana pas lagi weekend, aku sempet mikir kanyanya gabakal bisa dapet view bagus deh, bayangin ajaaa orang-orang dapet view bagus karena berdiri di pager pembatas, aku agak iri gitu dan pengen liat, tapi karena full dan aku gabisa nyelip, akhirnya aku cuma bisa ngintip pemandangannya dari sela-sela betis orang yang diri di pager pembatas, agak sedih sih. Pas lagi ngintip dari salah satu betis mbak-mbak gt tau tau aku kejatohan botol minum, ternyata mbak-mbak diatas ku pingsan gituuu, aku panik lah, dia lagi sama pacar atau tunangannya gt, akhirnya si mbak-mbak di gotong sama si mas nya itu dan aku merasa berdosa, karena aku langsung manjat ke tempat mbak-mbak yang pingsan tadi dan berhasil ngeliat panorama bromo yang indah

hampir terbit

bromo view

gunungnya ilang, sisa muka semua...............

Setelah puas dengan bromo view, kami pergi ke savanna land naik pick up itu lagiiii, penyiksaan bagi pantat dan punggung kami lagi sih, tapi its okelaah..untungnya pemandangan disana indah bgt, ada bukit yang bentuknya kaya ager gitu, lucu deh pokoknya pemandangannya bener bener indah, kami menghabiskan waktu dengan foto-foto dan ngeledekin si X yang jaketnya rusak itu, di savanna land bener bener kaya bukit teletubies, indah deeeh

siap angkut ke tempat selanjutnya

pemandangan inilah yang menjadi obat untuk pantat dan pungung kami (diambil saat perjalanan naik pick up)

Nah rencananya abis dari savanna kami mau ke pasir berbisik, tapi kami batalkan karena kami memilih untuk menghabiskan waktu lebih lama ke kawah bromo, Mr.Abe bilang kalo kawah bromo akan sedikit mendaki dan perlu waktu agak lama untuk sampe ke puncak, akhirnya kami langsung cuss ke kawah. Aku kira cuma nanjak boong-boongan kaya di bromo view, tapi ternyata beneran. Jarak yang cukup jauh ini dimanfaatkan dengan baik oleh pemilik kuda, mereka menyewakan kuda mereka untuk para pengunjung yang mau sampe ketangga kawah (karena sebelum sampai di tangga kawah masih ada perjalanan cukup terjal sekitar 20-30 menit. Penyewaan kuda antara 20-50 rb, tergantung jarak dan ketahanan kalian ngeliat muka sedih juga. Nah aku yang gak biasa begitu begituan sempet tergoda naik kuda, cuma Rp 20.000 katanya, tapi aku mikir klo sensasi sampe puncaknya pasti beda antara naik kuda dan bener bener jalan kaki, akhirnya aku jalan kaki, ditemenin dengan setia oleh amel dan kak puspa yang terus nyemangatin, tapi mental kadang lemah juga kadang mikir “udahlah, masih jauh” dan sempet tergoda untuk istirahat sambil makan bakso, tapi lagi lagi mereka menguatkan, eh ujung-ujungnya pas di 10 tangga terahir aku malah lari sampe puncak kawahnya. Pemandangan dari atas bagus banget, sayangnya di pager-pager kawahnya banyak yang coret-coret, nyebelin deh ngerusak gitu. Aku foto di sela-sela pager kawah, niatnya biar keliatan kawahnya gitu kan keren berasep-asep, ternyata pas aku liat hasilnya jadi kaya foto di deket tong sampah yang lagi dipake untuk bakar sampah gitu, jelek banget, karena ada coretannya

pendekar
bukit teletubies

senyum hampir pingsan

setengah perjalanan menuju kawah gunung bromo

full team (gara gara ada tambahan rombongan dari old member gituu)

Kalo kesana jangan lupa bawa masker yaa, karena kawahnya masih suka keluar-keluar. Kami bener-bener menikmati perjalanan kami, kami gak cuma dapet pemandangan, tapi kami dapet kekeluargaan, rasa terimakasih pada tuhan dan yang pasti kami dapet foto-foto yang banyak, eheheheh :p oh yaaa, hampir lupa, kalo mau beli bunga eldelwise hati hati ya guys disana banyak yang palsu (lebih baik nggak beli sih karna bunga itukan dilindungi), si dinar sama icha aja beli disana tapi layu, padahal harusnya gabisa layu looh