Thursday 7 February 2013

Ahli hukum atau Ahlimenghafal Undang-undang?

Lucu! Hasil belajar selama semester 5 udah pada keluar. Ada beberapa nilai yang cukup puas, ada beberapa nilai yang nggak sesuai ekspertasi. Maksudnya jelek? Bukan, bukan jelek tapi gak sesuai ekspertasi. Misal saya ngerasa yakin sama mata kuliah itu, tapi ntah kenapa nilainya gak sesuai.

Jadi gini, ada satu mata kuliah yang saya yakin banget bisa dapet A (kenyataan B+) karena emang saya sangat suka mata kuliah itu, saya yakin selama UTS maupun UAS, tugas saya kumpulin tepat waktu dan bahkan waktu ada kuis lisan dimana yang jawab bener cuma dua orang saya bisa jawab (dua orang itu termasuk saya)

Sedangkan ada beberapa nilai yang dapetnya B tapi saya emang yakin dari awal kalo maksimal saya cuma bisa dapet B karena emang gak suka sama mata kuliah tersebut. Dan saya gak kecewa. Saya ngerasa emang itu udah maksimal yang saya pantas dapatkan.

Dan ahirnya saya dateng ke dosen tersebut untuk melihat transparasi nilai terlebih dahulu. Pas saya lihat ternyata nilai tugas saya 20 (max 20), UTS 65 (maksimal 100) dan UAS 60 (maksimal 100). Saya kaget, kok UTS dan UAS saya jelek banget, padahal saya sangat yakin. Kira-kira begini percakapannya?

S: Pak, kok UTS dan UAS saya jelek banget yah? Itu apa yang kurang pak
D: Jawaban kamu itu ngaco, saya suruh sebutkan isi pasal UU (bla bla bla) bukan jelaskan isinya. Kamu malah menjelaskan. Makanya dibaca perintahnya ya
S: Iya pak saya tau sama perintahnya, tapi masalahnya saya menjelaskan juga ada dasar referensinya. Sebelum menjelaskan juga saya kasih pengantar "bahwa pasal tersebut menjelaskan apabila adanya ketidaksesuaian pendapat, maka para pihak harus bla bla bla"
D: Kan isi pasalnya "apabila tidak adanya kesesuaian pendapat"
S: Loh pak, bukannya maknanya sama ya?
D: Yang saya suruh apa? Tuliskan isi pasal, dan isi pasalnya bukan begitu
S: Pak saya mau jadi ahli hukum, bukan ahli menghafal
D: Saya menyuruh seperti itu supaya kalian baca undang-undang, biar undang-undang tuh gak dianggurin, Itu kitab suci anak hukum, kedua setelah Al-Quran
S: Pak saya gak setujuh. Menurut saya, kalau saya baca UU setiap hari gak ngebuat saya hafal. Tapi sebaliknya, baca UU sesekali disaat butuh dan kemudian berusaha mencari penjelasannya dari berbagai suber itu lebih baik. Misal saya baca UU tersebut 2x kemudian untuk bisa paham saya harus baca berbagai buku agar saya paham sama isi UU tersebut. Sedangkan kalau saya mau menghafal UU saya hanya perlu membaca UU yang besoknya akan diadakan ujian, lalu saya hafal, pak.
D: Ya sudah, saya buru-buru. Jadi kamu mau nilai berapa?
S: Bukan ini alasan saya komplain pak, saya gak masalah dapet B+, sayapun pernah dapet nilai lebih jelek dari ini, tapi masalahnya, gak adil untuk teman-teman yang lain apabila hanya saya yang dirubah nilainya. Mungkin banyak yang sepemikiran sama saya. Banyak yang berusaha paham UU bukan menghafalnya
D: Nanti kalau mereka protes saya ganti
S: Iya pak, tapi alangkah lebih baiknya kalau sedari awal dosen-dosen kita gak lagi melihat mahasiswa yang baik adalah = mahasiswa yang mampu mengingat keseluruhan isi UU dan buku, tapi paham
D: Oh jadi kamu mau protes sama cara saya mengajar? Tiap dosen punya metode yang berbeda satu sama lain dan ya ini metode saya
S: Bukannya begitu pak, tapi saya rasa metode seperti itu sudah tidak sesuai apalagi melihat perkembangan yang ada, saya yakin teman-teman yang sekarang hafal UU tidak akan lagi hafal secara tekstual isi UU tersebut. Karena memang mereka hanya menghafal saya
D: Tapi mereka lama kelamaan akan paham karena mereka hafal
S: Nah kan pak, kalau ujung-ujungnya agar mahasiswa paham kenapa dipaksa menghafal. Kenapa gak dari awal dipaksa paham?
D: Sudah-sudah jadi kamu mau nilai berapa, saya malas berdebat seperti ini dan saya sibuk
S: Saya kesini bukan karena nilai, tapi saya butuh penjelasan terhadap hak saya. Kalau memang nilai saya memang pantas B+ menurut 'metode bapak' ya biarkan nilai saya segitu pak. Asaalammualaikum pak


ya begitulah dosen dan begitulah mahasiswa..tapi semoga tujuannya tetap sama, menjadikan masa depan Indonesia lebih baik

2 comments:

  1. begitulah sistem pendidikan Indonesia, para pengajarnya hanya mencetak orang-orang yang Ahli menghafal.. dan saya fikir itu salah dan harus di perbaiki, namun mau gimana lagi sebagai mahasiswa hanya bisa mengikuti sistem.. ketika sistem di lawan maka dia akan melawan balik, cara terbaik merubah sistem adalah merubah Pucuk dari sistem tersebut supaya bagian2 dari sistemnya juga akan ikut berubah..

    ReplyDelete
  2. manusia cuma jadi Ensiklopedia berjalan dong kalau bisanya cuma menghafal... yang paling penting dari menggunakan Otak kita adalah bagaimana kita menggunakannya, bukan seberapa banyak kita tahu...

    ReplyDelete